Antivir stand-alone trick

Biasanya, klo komputer kita sudah terjangkit virus worm lokal, worm – worm tersebut akan mencegah agar kita menginstall program baru ke komputer tersebut. mengapa? karena si pembuatnya ngga mau virusnya dapat dihilangkan dengan mudah (ya iya lah😛 hehehe). Akan tetapi biasanya tools2 antivirus yang stand alone agak sulit didapat. Kalaupun bisa didapat, sangat jarang yang bisa diupgrade. Saya sering menemukan tool-tool anti brontok, dan tidak beberapa lama tool-tool tersebut menjadi tidak berguna karena worm brontok cepat sekali di-update nya. Nah, kita bisa menggunakan Antivir sebagai Stand Alone Antivirus yang sangat handal. bagaimana caranya?

Ternyata, caranya gampang. cukup menyalin (EYD dari meng-copy😛 ) Folder dimana Antivir itu terinstall di komputer ke media lain seperti flashdisk atau CD. Tentunya sebelum itu anda harus menginstall Antivir di komputer yang digunakan untuk menyalin (klo belum, mau copy dari mana atuh?). Trik ini ditemukan oleh teman saya, Gunswira (thanks for the trick😉 )

Biasanya, secara default antivir akan terinstall ke folder C:\Program Files\AntiVir PersonalEdition Classic .Anda tinggal menyalin folder tersebut ke flashdisk. Untuk menjalankan Antivir yang sudah disalin, anda tinggal menjalankan avcenter.exe yang terdapat di dalam folder tersebut. dari program tersebut, anda dapat menjalankan Antivir dan melakukan task – task seperti scan dan update tanpa harus menginstall antivir terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir soal update, karena Antivir stand-alone ini bisa diupdate, caranya tidak berbeda dari tulisan yang pernah saya buat tentang “Update manual antivir” .Untuk mengupdate nya jalankan avcenter.exe terlebih dahulu.

Kekurangannya dari stand alone Antivir ini adalah, program RTP (Real time protection) nya tidak akan aktif seperti biasanya sehingga antivir tidak akan secara otomatis melakukan scan. Jadi anda harus melakukan scan manual seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah virus worm lokal biasanya juga memblok akses kita untuk menjalankan suatu program. Jadi seandainya hal tersebut terjadi pada komputer korban, anda harus memakai tool khusus untuk men-disable virus tersebut sebelum melakukan pembersihan dengan Antivir Stand alone. Selain itu, biasanya virus worm lokal melakukan perubahan – perubahan pada sistem Windows seperti pada Regedit, msconfig dsb sehingga anda harus berhati – hati dalam melakukan pembersihannya. Dalam membenarkan registry, salah – salah akan mengakibatkan Windows benar – benar kacau dan anda harus mengeluarkan senjata pamungkas, format dan seterusnya (amit-amit!)

Manual tentang cara menonaktifkan virus dan melakukan pembersihan sistem bisa anda googling dan dapatkan dari berbagai situs dan blog rekan – rekan kita yang lebih expert dan membahas lebih mendalam tentang hal tersebut. Semoga bermanfaat

nb: berhubung trik ini saya coba pada avira versi lama, saya ngga menjamin trik ini dapat dilakukan di versi barunya. Thanks

Oh iya, mengingat saya hanya seorang pengguna komputer biasa, (“bukan orang IT” sesuai judul blog ini😉 ), Harap beritahukan saya apabila ada kesalahan / kekurangan dalam blog ini. Terimakasih

18 Tanggapan to “Antivir stand-alone trick”

  1. Gora Says:

    mampir mas.. salam kenal

  2. Fadli Reza Says:

    Salam kenal juga😀

  3. Evi-Kaye Says:

    Stand Alone itu apah? Oooh.. ga usah diinstal? Copy penuh ke media lain dan aplikasi tersebut masih bisa di-run?! Hoho… ternyata bisa ya? Belum nyoba sih… Iya tuh, gw sering ngalemin masalah di atas. Antivirus diserang virus dan ga bisa nginstal lagi. Masak mesti diformat lagi? Gila aja, tiap dapet virus-worm-trojan, gawean teh format hdisk. Hehe… Thanks for the trick ya.. Kang Fadli!!

  4. yayankun Says:

    salam kenal Bro …..!
    gw bisa kenalan dengan lo nggak and share ilmunya !

    gw tunggu balasannya ..

  5. akank Says:

    lam kenal broo

  6. Arief Yudhawarman Says:

    Salam kenal,
    Teringat dulu saya pernah scan komputer windows dengan beberapa disket yg berisikan mesin scan virus mcafee dan virus dat. Trik ini saya gunakan bila virus tdk aktif di boot windows safe mode command prompt only. Pertama tentu saja harus ada komputer bersih virus yg mempunyai instalasi mcafee dg update terbaru. Kemudian saya zip folder yg mengandung mcafee, lantas hasil file.zip tsb dipecah2 agar cukup muat dalam 1 buah disket, tentunya nanti akan dibutuhkan beberapa buah disket (baru). Untuk menggabungkan pecahan tsb bisa pakai comamnd copy dan untuk ekstrak zipnya pakai util pkunzip. Sebenarnya kalau ingin lebih aman lagi, sebaiknya komputer dibooting pakai disket boot yg bersih atau cd master.

  7. Arnold Says:

    Saya punya cara lain update antivir , mungkin bisa dipakai.
    Copy file dg tanggal terbaru dr folder program file antivir dr sebuah PC yg baru di update, kemudian copy kan ke PC lain yg terinstal antivir juga ke folder yg sama(lakukan dalam safe mode)

  8. Reed One Says:

    Salam kenal….
    di t4 saya ada sekitar 50 komputer yg di terhubung dengan jaringan LAN dan semuanya menggunakan Avira, salah satu komputer tersebut terhubung dengan Internet yg lainnya nggak, biasanya saya download update setiap 1 bulan sekali lalu harus datangi komputer setiap komputer untuk update secara manual……(fuihhh… capek soalnya ada 50 komputer).
    Nah yg mau saya tanya nich….
    1. ada gak cara yg lebih mudah ya biar gak repot kalo mau update secara manual??
    2. Gimana commandnya agar update bisa di lakukan dengan command aja sehingga dapat di buat file Batch lalu di pasangkan ke system schedule windows.
    3. Avira ada perintah command-nya gak yachhh untuk mode windwos…..
    misalnya untuk update tinggal ketik gini aja di Start+run “AVGNT.exe /Update:c:\AviraUpdate\ivdf_fusebundle_nt_en.zip”

    Mohon solusinya……
    Thanks….

  9. afif Says:

    salam kenal mas,
    kalo file update, gak terlihat gmn ? Solusinya. Apa kalo gitu artinya komputer dah kena virus.
    thanks atas bantuannya

  10. atenk Says:

    “Manual tentang cara menonaktifkan virus dan melakukan pembersihan sistem bisa anda googling dan dapatkan dari berbagai situs dan blog rekan – rekan kita yang lebih expert dan membahas lebih mendalam tentang hal tersebut. “.lha yg mo q tny..tlng kasih tau dunk situs2 yang ad cara lebih detailnya……pliiisss….thank poll.

  11. atenk Says:

    kirim di mail Q az gpp mas…..thank bro..

  12. jazzie Says:

    salam kenal, mas..aku mo nanya ni..kalo copy antivir yang premium edition (sudah registered) dari komp yang laen..stand alone-nya registered jg g yah???ato jangan2 malah g bs dijadikan antivirus stand alone??

  13. mr. sus Says:

    thank’s ya atas infonya mas…

    berkat coretanmu ak dapat menangkal virus – virus lokal sementara ini, bisakah kita berteman dan saling share ilmunya……

  14. d_nxy Says:

    ASTAGA!!!!
    ADA JUGA CARA BASMI VIRUS PAKE STAND ALONE????
    kayanya akan sering2 buka blog ini nech..
    THX B4..
    SLAM KENAL…SALAM METAL

  15. d_nxy Says:

    ASTAGA ADA CARA STAND ALONE JUGA???
    waahhh kayaknya akan lebih sering untuk Buka Blog ini..
    THX MAn..
    SALAM KENAL..
    SALAM METAL

  16. joni Says:

    daripada repot2 format dan nginstal ulang software (palagi klo sofware yang dinstall nya banyak)
    mending klo abis nginstal dan beresin semua setting cepet2 backup pake Ghost / sofware lain…so klo kepentok tinggal restore aja

  17. Rony S Says:

    Terima kasih, blog ini sangat memmbantu saya menambah wawasan saya. jaya terus buat “fadli.net” harapan saya akan ada blog-blog dengan topik2 baru. salam kenal…….

  18. Joe_ed Says:

    Thanks for the Trick,
    Nice to meet you


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: