Antivirus yang cocok apa sih?

Pertanyaan yang sering ditanyakan teman-teman saya tentang Antivirus.

Tanya : Gw udah nginstall antivirus N*****, trus Mc**** tapi tetep aja ga bisa nge-detect dan ngehapus virus yang ada di flashdisk gw. antivirus yang bagus tuh apa ya? supaya gw ga repot bolak-balik install antivirus..

Jawab : Sebenarnya, kemampuan sebuah program antivirus untuk men-detect sebuah virus bergantung pada seberapa banyak perusahaan antivirus tersebut telah menerima sampel virus. mereka mendapatkan virus (atau worm, trojan, dan program-program berbahaya lainnya) dari internet, email dll. jadi, kalau antivirus yang kamu pakai belum dapat ngedetect virus yang ada di komputer atau flashdiskmu itu artinya mereka (perusahaan antivirusnya) belum menerima sampel jenis virus yang ada di komputermu.

Jadi , apapun antivirus yang kamu install di komputer itu sama saja (baik itu yang gratisan, buatan lokal sampai antivirus yang tersohor didunia sekalipun) dan tidak akan berguna untuk mengenali virus-virus yang baru apabila jarang diupdate atau paling parah, tidak pernah diupdate. Kenapa? karena penyebaran Virus worm lokal di Indonesia sudah sangat pesatnya. Jadi, percuma saja kalau menginstall antivirus terkenal kalau tidak pernah diupdate hal yang harus dilakukan adalah update antivirus kamu sesering mungkin.

Sangat tidak dianjurkan untuk menginstall lebih dari satu antivirus dalam sebuah komputer. Selain menyebabkan performa komputer menurun (karena antivirus melakukan scanning otomatis di background ketika kamu sedang mengerjakan yg lain di komputer), hal ini dapat membuat bentrok antar scanner otomatis mereka dan bahkan membuat komputermu nge-hang.

tambahan :

apabila kamu sudah melakukan Update antivirus yang terbaru tapi masih belum bisa mendetect suatu virus, tidak ada salahnya untuk mengirimkan sampel virus tersebut kepada perusahaan antivirus yang kamu gunakan. setahu saya, setiap perusahaan antivirus menyediakan sebuah link email untuk menerima sampel virus dari penggunanya.

link email yang disediakan Avira Antivir® untuk menerima sampel virus dari penggunanya adalah virus(at)avira dot com. Atau bisa langsung mengakses halaman situs mereka untuk mengupload sample virus langsung dari situs Avira di www.avira.com/en/support/submit_suspicious_files.html. Kalau dari pengalaman saya, tidak lebih dari dua hari mereka akan memasukkan signature atau pengenal virus tersebut kedalam database (atau definition file) mereka sehingga antivir dapat men-detect dan menghapus virus tersebut. jadi tidak ada ruginya bukan?

Kira-kira, kriteria antivirus yang ideal adalah :

1. Heuristic. Apa itu? Saya juga bingung untuk mendiskripsikannya. Lihat Wikipedia. Kira-kira, kalau di Antivir itu heuristic bisa dikatakan kemampuan untuk mengenali suatu virus yang belum terdapat di dalam database nya. Seperti semacam logika untuk mengenali suatu program adalah virus baru atau bukan dari modus-modus virus yang sudah ada. Dengan heuristic ini, walaupun belum ter-update suatu antivirus dapat menduga-duga kalau suatu file adalah virus dan mengambil tindakan atas file tersebut.

2. Kecepatan dalam memasukkan virus yang baru muncul ke dalam database virus antivirus tersebut. Bila ada virus yang baru menyebar (istilahnya : in the wild), selama belum dimasukkan dalam databasenya maka Antivirus tidak dapat mengenali virus tersebut. Jadi semakin cepat suatu virus baru dimasukkan dalam databasenya semakin baik. Sayangnya virus lokal agak lambat dikenali (seperti yg sudah dibahas diatas).

3 .Kemampuan melakukan scan pada registry dan file sistem Windows©. Biasanya Worm lokal bila menjangkit maka akan melakukan perubahan-perubahan pada registry. Walaupun worm nya berhasil dihapus sedangkan registry nya belum dibersihkan seringkali malah membuat OS nya menjadi tidak berfungsi dengan baik.

4. Stand Alone mode. Apabila kita hendak membersihkan komputer yang sudah terinfeksi worm lokal, sebaiknya kita menggunakan Antivirus yang stand alone, maksudnya ngga usah diinstall.

5. Proses update yang mudah dan cepat, agar tidak merepotkan user.

6. Gratis, atau murah. Sehingga tidak merepotkan keuangan user🙂

Sejauh ini, menurut saya Antivir masih merupakan yang terbaik. Sebenarnya tidak ada Antivirus yang benar-benar sempurna, semuanya kembali lagi kepada pemakainya yang merasa apakah antivirus tersebut sudah memenuhi kebutuhannya atau belum.

Ada yang ingin menambahkan?

Oh iya, mengingat saya hanya seorang pengguna komputer biasa, (“bukan orang IT” sesuai judul blog ini😉 ), Harap beritahukan saya apabila ada kesalahan / kekurangan dalam blog ini. Terimakasih

30 Tanggapan to “Antivirus yang cocok apa sih?”

  1. adi Says:

    aku pake avira…..buat virus yang nyerang document…eh documentnya kok hilang semua,folder2 juga sama.tp kapasitas hardisk nda berkurang berati ke hidden aku coba ke folder option tetep nda mau gmn ya?

  2. Yudha Says:

    Setuju sekali, paling penting adalah update database antivirus-nya, secanggih apapun antivirus kalo tidak update ya percuma, Kalo saya dirumah sih pake Avast 4.7 Home Edition (gratis) bedanya dengan antivir, antar muka lebih canggih Avast, namun katanya sih lebeih efektif Antivir Personal, cuma kelemahannya antivir ada pada renewal lisensi program-nya agak mengganggu, tidak kayak Avast yang seterusnya bisa dipake, dan satu lagi update database bisa manual dan internet dan sangat kompatible sekali.

  3. Fadli Reza Says:

    Jika anda menggunakan automatic update maka anda dapat terus menggunakan antivir tanpa terganggu dengan renewal lisensi nya Antivir. (ada di “memperpanjang lisensi antivir”).
    Thanks atas komentar anda

  4. armeyn Says:

    okeh,,sebelumnya gw mau nanya deh.. emang ngga ada ya antivirus yang lokal punya,, jadi dia khusus mengupdate database virus lokal terbaru.. kan kalo yang punya luar, kenadalanya di waktu tuh… mesti diupload segala,,males lahh..

    kalo pcmav itu, punya lokal bukan??

  5. Adi Nugroho Says:

    kadang antivir asal babat aja.bahkan klo dile system yg kena viri juga ga pandang bulu.sambil merem cabut bulunya.hehehe

  6. Fadli Reza Says:

    @ armeyn
    Wah.. kurang tau kang. Lagipula saya ga berani komen soal antivirus yang lain, jarang pakai sih. ntar klo nulis asal-asalan tentang antivirus lain kan berabe😛 Saya beneran ga tau apa2

    @Adi Nugroho
    Sudah mencoba settingan berikut ini?
    (Configuration –> Expert Mode –> Scanner –> Scan –> Action for concerning files –> Automatic –> Primary Action : Repair –> Secondary Action : Quarantine)
    Kalo saya sejauh ini belum pernah mengalami asal babat & sambil merem cabut bulunya (?) Saya ga ngerti hehehe

    thanks buat commentnya😉

  7. Theo Satrio Says:

    buat mas adi (5 maret 2007), biasanya kalo abis di scan terus virus ama folder ato file ekutan ilang, berarti virus itu berekstensi *scr.cara munculin foldernya lagi masuk ke CMD, run as administration, terus ketik aja
    ATTRIB -S -H *.* /S /D
    (*.*=untuk letak folder, misal E:\my document\folder)

    semoga bermanfaat.
    sory tadi salah ketik..

  8. Fadli Reza Says:

    sebenernya ngga ngaruh sih mau *.scr atau *.exe.. ada berapa virus yg efeknya menghilangkan file jadi superhidden

    klo pengen tau tentang virus dan penanggulangannya silahkan klik http://www.vaksin.com atau buka blog orang yg lain spesifik ngebahas virus.

    untuk sementara blog ini ga ngebahas tentang efek virus dan cara penanggulangannya, tapi lebih dikhususkan ngebahas Avira antivir (bukan yg lain), dan catatan pribadi saya tentunya😉 , Bukannya apa2 sih, virus dll bukan keahlian saya.. lagian udah banyak orang yg lebih “ahli” dalam membahas hal tsb.. thx

  9. Diva Says:

    Blognya menarik makasih jadi tambah ilmu nih Diva

  10. Salim Says:

    udah folder optionnya ga’ nampak. Eh, malah semua program ga’ bisa jalan… gimana nih….?

  11. Aldi_1986 Says:

    Terima kasih atas segala info-nfo yang telah diposting, emang paling enak klo jadi orang yang bermanfaat untuk orang lain yuk kita ikat ilmu dengan menulisnya….

  12. aprilia Says:

    di komputer saya terkena virus torjan.Saya bingung kenapa saya basmi virusnya dengan antivirus AVG kok tidak bisa dibasmi.Malah tetep saja.Dan setiap saya memakai internet,selalu saya update terlebih dahulu.Tapi kenapa virusnya kok selalu ada.Dan virus tersebut database.Dan semakin hari semakin bertambah.Apa yang harus saya lakukan????

  13. ucan Says:

    pepatah lebih baik mencegah daripada melindungi musti digunain ketika kita berkomputer. kenapa komputer kena virus? karena kita sendiri yang mengaktifkan virus tersebut. berikut saya kasih tips-tips “mencegah” yg agak2 umum dan udah sering diomongin di forum2:

    komputer offline:
    – mau buka dokumen word dan excel? liat ekstensi file tersebut terlebih dahulu. ekstensi file word biasanya *.doc atau *.rtf jika ada file dengan icon Ms Word tetapi ekstension belakangnya bukan *.doc atau *.rtf, kemungkinan besar file tersebut adalah virus (misal:*.exe, *.scr). jangan dibuka meskipun itu nama file kita!
    – simpan file ketikan word dengan type rich text format (*.rtf), yg notabene masih jarang disusupi virus.
    – cara nampilin ekstension file dapat dilihat dari menu: tools->folder option->view->hilangkan checklist pada opsi “hide extensions for ….”
    – install antivirus dan rajin mengupdatenya.

    komputer online
    – lakuin juga tips2 buat komputer offline
    – usahakan menggunakan WinXP dengan service pack 2 (integrated firewall)
    – install firewall tambahan (sygate personal, Zone Alarm etc-belajar gunain firewall dari frum2)
    – hati2 ketika membuka situs2 underground (warez, crack dsb), ketika kita mencari file di situs ini, ibarat mengobati penyakit dengan penyakit lainnya.

  14. Angga Says:

    mas fadli, di kompi saya dulu pernah pake antivir, tapi skarang ganti pke AVG. tapi di security center kasih tau kalo di komputer saya ada lebih dari 1 antivirus. langsung aja saya coba uninstall AVG nya, waktu saya cek di security center masih ada Antivir. gimana ya hilangin antivir nya??seingat saya antivir nya sudah saya install…
    thanks…

  15. Imad Says:

    Mas Fadli,
    Saya ingin tanya, gimana cara menampilkan report WARNINGS yang
    muncul ketika scanning di komputer saya. Sebab saya tidak tahu file apakah yang di-WARNINGSkan tersebut. Saya menggunakan avira selama 1/2 tahun, dan mengapa sekarang2 kalo saya scan komputer di reportnya ditemukan 2 warnings, apakah itu virus? mengapa komputer saya jadi suka
    restart sendiri, apakah WARNINGS itu penyebabnya, padahal
    saya rajin update?
    Terimakasih,
    jawaban anda sangat dibutuhkan.

  16. VIDI Says:

    thx bgt ya buat semua pengalaman kamu yang di ceritain disini……….

  17. Quizzle Says:

    Makasih ya !, Blog membantu loh, terutama linknya.
    Soalnya suka dpt Update yng palsu !

    Keep working on this Blog !

    N.B = Moga skripsi lu cpt selesai biar nambah blog ini !

  18. Jon32 Says:

    saya kena virus berekstensikan .scr di my document,,udah 1 minggu dan udah saya scan pake antivirus lokal dan luar,tetep ga bisa…

    ciri2 virus ini
    membuat folder berekstensikan .scr
    ada 3 file jk di telusuri lagi yaitu new folder new folder.scr dan usbdrivers

    apakah ini worm?

    tlng bantu saya ya om asus_allblue@yahoo.co.id

    thnx b4

  19. LUCIFER Says:

    saya pemakai 2 antivirus avira dan AVG. saat ini aku pasang secara real time. pada saat itu kenapa security guard/real time avira tidak bs di gunakan (dalam keadaan payung menutup), sedangkan aku hidupkan secara manual tetap aja tidak bisa?
    thanks………

  20. muiL Says:

    Komputerku kena brontok ama trojan. Gimana nih ngilanginnya? Pake antivirus apa?

  21. Bobby Meidrie Says:

    Tengkyu buat sharingnya..
    mau tanya…

    biar aman, laptop gw, gw instal avira sama avg..

    bikin nge hang gak?

    atao malah mereka bisa saling kerjasama sebagai tim hehehe…

    ditunggu sharingnya

  22. Bintang Says:

    kk mo nanya donk,

    ko stiap gw download update manual avira, filenya slalu corrupt ya???

    file zipnya g perlu diapa2in lg kan? langsung open aja ato harus diextract lg???

    tolong ya ka,,, tengkyu

  23. Cherrbulls Says:

    Kk, mo nanya dong. kompi aye baru make avira, sebelumnya emang ga ada antivirusnya jadi pas aye full scan pake avira banyak trojan yang kedetect. cuma masalahnya sampe sekarang ada trojan yang selalu kedetect di alamat
    c:\windows\system32\erhri.dll
    dengan nama trojan yang kedetect
    TR/Drop.Agent.AHR.2.
    dah di full scan lagi tapi pas kompi dinyalahin lagi pasti muncul deteksi yang sama. gimana dunk? mohon bantuannya.

    Regards

  24. rizki Says:

    antivir…kok kadang ivdfnya susah kalee buat diunduh,gw pake antivir pe yang dari pc media,apa karena versi gratis so update manualnya dak dirilis ama avira?btw klo pake pcmav ada file-2 yang kena juga,kenapa di antivir gak detect yah?setting antivirnya gue bikin high level detection…

    fadli :
    cara update manual : https://avira.wordpress.com/2007/02/18/4/
    sering² update aja.. thx

  25. soca Says:

    apapun antivirusnya yang penting sering diupdate…bener khan…soca pake av***…trus untuk yang lokal pake pc mav…
    salam…hahaha

    fadli :
    ya begitulah:mrgreen:

  26. irm4 Says:

    gue pake antivir avast n updatenya automatic tp kok knp ya dia g bisa ngedetek trojan ma win32

    fadli :
    Antivir ato Avast ? wah sory saya belum pernah pake avast, cobain Antivir PE deh😉
    https://avira.wordpress.com/2007/02/18/download-antivir/

  27. marvin Says:

    avira mang top, tp aq ada problem ne…..
    tipa kali hidupin komputer, trus mo buka avira sll ga bs..error gt…..dan ditulis avira….(sry aq lupa)/avcenter.exe
    jd filenya corrupt trs, dah t`copyin avcenternya, bisa seh, tp bgitu komp di matiin?direstart eh ilang lagi…..
    da solusi ga boss,, dah sering t`remove trs t`instal lg, tp te2p sma….kl d solusi, mail ke e-mail q ya…..

  28. trie...^o^ Says:

    Guys…
    ngomongin ttg virus, aq pemakai lama antivir. Sejauh ini drpd antivirus yg lain antivir yg paling guampang updatenya. Tetapi apapun antivirusnya klo tdk diupdate percuma sj..betul fadli bilang. setuju!!!
    Tapi ada cara lain utk ngatasi virus lokal yg NAKAL, yg merubah semua file *.doc jd *.exe, saranku update office kalian ke office 2007. Dijamin file2 kita gak akan terinfeksi…WHY?! Tanyakan sm yg ahlinya..krn aq bkn ahlinya. Hehe…
    Btw buat kalian yg dah tercemar file2nya, bs kalian install office 2007nya, lalu save as semua fille office ke formatan office 2007. Setelah itu baru update antivir. Dan klo antivir mendetect kt bs langsung mendelete filenya. Yakin deh file yg sdh kalian rubah ke office 2007 tdk akan HILANG.
    Buat fadli, SEMANGAT buat TAnya……!!!! Banzai…….

  29. Mrti Says:

    Antivirus teraman adalah kehati-hatian dan kepedulian dari sang user untuk tidak berlaku ceroboh terhadap suatu hal yang dapat menyebabkan ketidakstabilan/kerusakan pada kinerja sistem.

    Kalau terus di update tapi ceroboh, trus kalo ngenet klik sana, klik sana, dan bisa mengundang program2 jahat ke komputer kita mah, sama aja.

    Don’t Trap. Think Security First.

    Fadli: atau dengan kata lain, brainware nya yang harus di-manage..
    :
    P

  30. novi Says:

    avatir tu bagus baget ya???

    aq br mw coba ,,


Tinggalkan Balasan

